Binatang Yang Hidup di Kutub Selatan


Nhah, kali ini aku akan mengajak Anda sekalian untuk berjalan-jalan menuju daerah yang jauh dari jangkauan kita, yaitu Kutub Selatan. Aku hanya akan menjelaskan tentang populasi hewan yang dapat bertahan hidup di sana. Seperti apakah kehidupan mereka di sana? Mari kita liat bareng-bareng…

Antartika

Antartika

Kutub selatan berada di benua Antartika yang dikelilingi oleh lautan es. Walaupun lingkungannya kita anggap mustahil untuk ditempati oleh makhluk hidup, tetapi ada beberapa spesies fauna yang dapat hidup di sana.
Berikut spesies hewan yang hidup di Kutub Selatan :
1. Pinguin

Pinguin

Pinguin

Pinguin merupakan kelompok burung, hanya saja mereka tidak dapat terbang. Ada 4 spesies pinguin yang hidup di kutub selatan, yaitu Emperor, Adelie, Chinstrap, dan Gentoo. Bentuk tubuh pinguin mampu beradaptasi dengan kemampuan berenang dan menyelam. Mereka mempunyai lemak yang tebal dan susunan bulu yang saling tumpang tindih. Mereka hidup secara berkoloni (rookeries) dengan mengonsumsi ikan yang hidup di laut.

2. Anjing Laut

Seal

Anjing Laut

Ada 5 spesies anjing laut yang hidup di benua antartika, yaitu Waddle, Ross, Crabeater, Leopard dan Fur. Makanan mereka adalah ikan, krill dan cumi-cumi, dan berburu mangsanya menggunakan echolocation – jenis dari “penglihatan” yang menggunakan gelombang sonar untuk mencari makanan. Di Antartika, populasi anjing laut berkembang pesat karena kurangnya predator alami.

3. Ikan Paus

Paus

Ikan Paus

Di Antartika ada empat spesies paus baleen (paus yang lebih besar yang memiliki dua lubang sembur) dan dua jenis paus bergigi (yang berburu mamalia besar seperti cumi dan ikan besar). Mereka tinggal dan makan di Antartika saat musim dingin dan bermigrasi jauh ke Artik(kutub Utara) untuk berkembang biak selama musim panas.

4. Burung Laut

Burung Laut

Burung Laut

Burung laut adalah burung yang mampu terbang jauh, dapat hidup di darat dan laut. Burung laut memiliki selaput kaki dan punya bulu yang lebat. Ada 35 spesies burung laut (termasuk pinguin) di Kutub Selatan. Burung laut ini datang untuk berkembang biak dan makan selama musim panas, ketika makanan hampir tak terbatas, dan bermigrasi ke utara pada musim dingin. Salah satu spesies tersebut, elang laut, adalah burung laut terbang terbesar di dunia, dengan lebar sayap yang mampu mencapai 4 meter.

About these ads

2 thoughts on “Binatang Yang Hidup di Kutub Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s