TIPS AGAR TERHINDAR DARI INSOMNIA

Standard

Terjebak persahabatan dengan Burung Hantu alias Insomnia? Berikut solusinya untuk mendapatkan tidur nyaman..

Tidur merupakan salah satu terapi untuk menyegarkan tubuh. Kurang tidur membuat tubuh tak dapat memulihkan kerusakan sel dan jaringan yang terjadi setiap hari.

Biasanya penyakit susah tidur atau lebih dikenal dengan insomnia ini dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata-rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50% populasi mengalami insomnia.

Insomnia dapat menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Di samping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki.

Studi dari Universitas Harvard mengungkapkan, manusia membutuhkan tidur minimal delapan jam setiap malam. Seseorang yang tidur malam kurang dari lima jam memiliki risiko penyakit jantung 39 persen lebih besar dari mereka yang tidur malam delapan jam.

Kalau Anda sekarang mengalami permasalahan tentang bagaimana cara tidur yang enak dan nyaman, Anda bisa mencoba beberapa tips dibawah ini. Namun satu yang harus Anda ingat, jangan coba-coba untuk mengkonsumsi obat untuk mengatasi insomnia. Hal ini untuk menghindari ketergantungan pada penggunaan jangka panjang yang berakibat resisten terhadap insomnia-nya.

Berikut tips cara mengurangi insomnia :

1. Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan Anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan Anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur Anda

3. Tidur yang buruk seringkali merupakan gejala dari kekuatiran, kecemasan, obsesi, rasa bersalah, kemarahan yang tidak dibereskan, depresi dan banyak masalah emosional dan spiritual. Pastikan bahwa Anda tengah membereskan isu atau menyembuhkan luka yang membuat Anda tercampak atau menjatuhkan diri Anda. Bagian vital dari perawatan masalah ini haruslah menyerahkan semua pada Tuhan. Bebaskan Tuhan menangani dan menyembuhkan apa yang ada dibalik kemampuanmu.

4. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat Anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan Anda terjaga yang tentu saja tidak Anda perlukan bila Anda ingin tidur.

5. Tidur tak nyenyak seringkali merupakan hasil rendahnya tingkat serotonin. Serotonin dapat ditambah melalui memakan makanan yang memicu terbentuknya serotonin. Ayam kalkun, produk susu, dan pisang adalah contoh bahan makannnya. Yang kedua, ada suplemen seperti 5HTP yang bisa menolong. Pengalaman lain dari kurangnya serotonin berkaitan dengan penyimpangan genetic, dimana diperlukan adanya pengobatan. Jangan makan protein di malam hari karena itu dapat menjaga Anda tetap terbangun. Makanlah makanan berkarbohidrat ringan pada satu atau dua jam sebelum jam tidur, seperti biskuit atau kue muffin, untuk mendapatkan tryptophan yang dialirkan ke otak melalui makanan yang Anda makan sepanjang hari.

6. Setelah makan malam, ambil kegiatan seperti berjalan-jalan atau melakukan sejumlah olahraga, namun ingatlah untuk menyelesaikan semua ini paling tidak 3 jam sebelum jam tidur. Sebaliknya olahraga yang terlalu dekat dengan jam tidur dapat menjadi perangsang buruknya tidur. Olahraga yang lebih cepat dapat menolong Anda menjadi relaks.

7. Jika Anda bergumul dengan masalah tidur, jangan pergi ke tempat tidur untuk menonton televisi. Jika Anda tidak dapat tidur, pergilah ke ruangan lain dan coba membaca hingga Anda mengantuk. Jangan bangun dan menonton televisi karena warna dan terang akan terus merangsang otak bekerja.

8. Jika Anda terbangun di tengah malam, jangan hidupkan lampu atau mencari tahu jam berapa saat itu. Kedua hal ini dapat merangsang otak bekerja dan keluar dari kondisi tidur. Berbaring di ranjang dan tunggulah hingga Anda kembali jatuh tertidur. Jika Anda tidak kembali tertidur, bangunlah, pergi ke ruangan lain membacalah dibawah lampu yang agak temaram hingga Anda kembali mengantuk. Kembali ke tempat tidur dan berbaring disana, beristirahat untuk sisa malam Anda, meski Anda mungkin tidak tertidur. Kebanyakan, Anda akan setengah tertidur setengah terbangun tanpa menyadarinya. Terbangun secara singkat juga menjadi waktu yang baik untuk mengadakan saat teduh dengan Tuhan.

9. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur Anda selanjutnya.

10. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh Anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah Anda untuk tidur.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s